rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Wednesday, December 15, 2010

SOBI Akhirnya Dijual ke Cargill Seharga Rp 3.500/saham

PT AKR Corporindo (AKRA) melepas 629,166,945 saham (68.82%) di Sorini Agro Asia Corporindo Tbk (SOBI) kepada Cargill Asia-Pacific. Dalam penjualan itu, AKRA meraup dana sebanyak Rp 2,2 triliun.

Transaksi itu dilakukan di harga premium, Rp 3.500 per lembar saham. Lebih tinggi dibandingkan harga pasar sebesar Rp 3.275 per lembar saham.

"Rencana ini akan dibawa ke RUPS perseroan di Januari 2011 untuk diminta persetujuan pemegang saham," kata Presiden Direktur AKRA Haryanto Adikoesoemo dalam siaran persnya, Rabu (15/12).

Ia menambahkan, setelah penjualan saham ini perseoran akan memfokuskan bisnisnya ke sektor energi, distribusi kimia, dan infrastruktur logistik. Dana hasil penjualan saham ini akan digunakan perseroan mengembangkan bisnis utamanya

Sorini merupakan salah satu produsen Sorbitol cair dan serbuk yang mengoperasikan 7 pabrik di sekitar Jawa Timur dan Lampung. Sorbitol merupakan bahan baku berbagai produk konsumer seperti bahan makanan, kosmetik dan obat-obatan.

Haryanto berharap, Sorini bisa berkembang terus menjadi perusahaan kelas dunia di bawah bimbingan Cargill. Untuk menyelesaikan transaksi ini, sesuai dengan regulasi pasar modal Indonesia, Cargil akan melakukan mandatori tender offer untuk menguasai sisa kepemilikan saham Sorini.

"Akuisisi ini akan menjadi titik awal perkembangan bisnis bahan makanan di Asia, terutama di Indonesia dan Asia Tenggara," ujar Presiden dan Direktur Regional Cargill Asia-Pacific Bram Klaeijsen.

Isu akuisisi Sorini oleh Cargill sebetulnya sudah beredar sejak 24 Agustus 2010 dan telah dimuat di blog ini. Namun ketika itu, kabar akuisisi baru sebatas dari sumber.

Lihat berita terkait:

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.