rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Friday, April 29, 2011

Siam Cement Akuisisi Mayoritas Saham KIAS dan KOIN

Konglomerat industrial ternama Thailand, Siam Cement Pcl, melalui anak usahanya mengakuisisi mayoritas saham PT Keramika Indonesia Asosiasi Tbk (KIAS) dan PT Kokoh Inti Arebama Tbk (KOIN).

Akuisisi dilakukan oleh anak usaha Siam Cement Public Company Limited, yakni SCG Building Materials Company Limited dan SCB Distribution Company Limited. SCG Building Materials Company telah menandatangani CSPA jual beli 93,47% atau 7.875.000.000 saham KIAS pada 27 April 2011. KIAS adalah produsen keramik dengan pangsa pasasr 10%.
KIAS memiliki 3 pabrik di Jawa Barat dan Jawa Timur dengan total kapasitas produksi 27 jutameter kubik keramik dinding/lantai dan 23 juta lembar keramik atap. Melalui akuisisi ini SCG akan memiliki total kapasitas produksi keramik sebanyak 149 juta meter kubik sehingga megamankan posisinya sebagai produsen keramik terbesar.

SCG berencana meningkatkan kapasitas produksi KIAS dari saat ini 4 juta menjadi 31 juta meter kubik.
Sedangkan KOIN diakuisisi oleh SCG Distribution Company Limited, yang akta jual belinya ditandatangani 28 April 2011. Saham KOIN yang diakuisisi sebanyak 690 juta atau setara 70,35%. Baik SCG Distribution maupun KOIN merupakan perusahaan distributor bahan bangunan.

Belum ada penjelasan di harga berapa akuisisi KIAS dan KOIN dilakukan.Lihat berita resminya di sini.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.