rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Sunday, September 26, 2010

Merger Tri Polyta dan Chandra Asri Ciptakan Aset US$ 1,48 Miliar

Pengusaha papan atas Prajogo Pangestu sedang melakukan penggabungan usaha (merger) dua perusahaan miliknya, PT Tri Polyta Indonesia Tbk (TPIA) dengan PT Chandra Asri. Perusahaan baru akan menyandang nama baru yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

"Penggabungan ini menggunakan mekanisme share swap," ungkap salah seorang sumber, di Jakarta, Minggu (26/9).

Menurut sumber tersebut, proses merger tengah berlangsung dan diharapkan segera rampung dalam waktu dekat. Rencananya, perseroan akan menggelar RUPS untuk meminta persetujuan pemegang saham pada 27 Oktober 2010.

Saat ini, nilai aset TPIA sebesar US$ 280 juta, sedangkan Chandra Asri sebesar US$ 1,2 miliar. Penggabungan ini akan menghasilkan perusahaan dengan aset US$ 1,48 miliar atau sekitar Rp 14 triliun yang merupakan aksi korporasi pasar modal terbesar tahun ini.

"Perusahaan hasil merger dengan nama baru Chandra Asri Petrochemical ini efektif berlaku 1 Januari 2011," jelasnya.

TPIA dan Chandra Asri merupakan anak usaha PT Barito Pacific Tbk (BRPT). BRPT menguasai 77,93% saham TPIA, sedangkan BRPT menguasai 70% di Chandra Asri. Merger ini akan menciptakan efisiensi usaha di kedua perusahaan. Chandra Asri merupakan pemasok bahan baku TPIA. Source: Detikfinance

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.