rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Thursday, August 19, 2010

Pelita Sejahtera Abadi Akuisisi Hotel dan Tambang Batubara

Harga saham PSAB naik dari 1 Maret 2010 Rp 145 menjadi Rp 450 pada 9 Maret 2010
PT Pelita Sejahtera Abadi Tbk (PSAB) berencana melakukan serangkaian akuisisi dalam rangka perluasan bisnis ke bidang usaha properti/perhotelan dan pertambangan. Untuk bisnis perhotelan, perseroan berencana mengakuisisi tanah seluas sekitar 2 hektare di Umelas, Bali, untuk dikembangkan menjadi villa resort. Nilai akuisisi lahan diperkirakan mencapai Rp 60 miliar.

Selain itu, PSAB juga berencana mengakuisisi tanah seluas 4,2 hektare di Sanur, Bali, untuk dikembangkan menjadi hotel. Perkiraan nilai akuisisi sekitar Rp 168 miliar.

Perseroan juga berencana memasuki bisnis pertambangan. Saat ini ada dua kuasa pertambangan yang tengah dalam proses negosiasi final. Kuasa pertambangan (KP) pertama berlokasi di Kabupaten Pasir, Kalimantan Timur, dengan luas areal 93 ribu hektare dengan status perizinan eksplorasi atas areal seluas 68.360 ha. Berdasarkan estimasi internal, areal itu diperkirakan memiliki sumber daya batubara sebesar 1,913 juta ton.

KP kedua yang diincar oleh perseroan berada di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dengan total area seluas kurang lebih 4.999 ha dengan status perizinan saat ini berupa KP Eksplorasi dan kini dalam proses ditingkatkan menjadi KP Eksploitasi. Berdasarkan estimasi internal, areal itu diperkirakan memiliki sumber daya batubara sebesar 112,5 juta ton.

Direktur Utama PSAB Rakiyo Utama dalam keterbukaan informasinya ke Bursa Efek Indonesia, Rabu (18/8), mengatakan, pemilik aset-aset itu tidak memiliki hubungan benturan kepentingan dengan perseroan, manajemen atau dengan pemegang saham PSAB. "Karena adanya perjanjian kerahasiaan dengan pemilik aset-aset yang akan diakuisisi, kami belum dapat menyajikan informasi lebih detail tentang aset-aset tersebut. Meski demikian, berdasarkan perkembangan negosiasi yang sedang berjalan, perseroan menargetkan penyelesaian akuisisi atas aset-aset tersebut dapat diselesaikan pada kuartal III-2010," tegas dia.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.