rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Tuesday, July 20, 2010

Antam - Hangzhou Bangun Pabrik Smelter Grade Alumina US$ 1 Miliar

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) bersama Hangzhou Jinjiang Group (HJG) dari China menandatangani Perjanjian Usaha Patungan (First Amended and Restated Joint Venture Agreement/JVA) dalam proyek pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina (SGA) di Kalimantan Barat senilai US$ 1 miliar.

Demikian disampaikan Direktur Utama Antam, Alwin Syah Loebis dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (20/7).

Pabrik SGA Mempawah terletak di Kabupaten Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, dengan kapasitas 1 juta metric ton alumina per tahun dengan mengolah 4 juta wmt bijih bauksit.

Nilai proyek SGA Mempawah tersebut diperkirakan mencapai US$ 1 miliar. Antam memiliki porsi sebesar 49% dalam proyek SGA Mempawah. Sisanya HJG 51%, dengan opsi Antam dapat menambah kepemilikan dan menjadi mayoritas setelah pabrik beroperasi komersial selama tiga tahun.

Penandatanganan JVA ini dilakukan oleh Alwin bersama General Manager HJG China  Wang Yuan Luo, dan disaksikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia, Gita Wirjawan.

Konstruksi proyek dapat dimulai pada tahun 2011, sedangkan operasi komersial pada tahun 2014. Menyusul penandatanganan JVA, akan dilakukan due diligence serta proses pemilihan kontraktor EPC dan pendanaannya.

"Langkah pembangunan pabrik SGA Mempawah sejalan dengan strategi Antam untukmeningkatkan nilai cadangan bauksit melalui kegiatan pengolahan," ungkapnya.

Komoditas SGA merupakan bahan baku alumunium yang dapat memenuhi kebutuhan domestik pabrik pengolahan aluminum PT Inalum. Pembangunan pabrik SGA juga merupakan langkah Antam untuk mengintegrasikan bisnis bauksit perseroan dari hulu ke hilir.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.