rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Wednesday, April 27, 2011

JAPFA Jual So Good Food Rp 899 Miliar

Produsen ayam dan pakan ternak terbesar kedua, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) melalui anak usahanya PT Ciomas Adisatwa, menjual 100% saham PT So Good Food (SGF) senilai Rp 899,1 miliar kepada Jupiter Foods Pte Ltd dan Annona Pte Ltd. Kedua perusahaan itu seluruh sahamnya dimiliki oleh Malvolia Pte Ltd yang juga merupakan pemegang 58,3% saham Japfa. 

Japfa dan Ciomas telah meneken kesepakatan jual beli (SPA) atas saham PT So Good Food. Jupiter dan Annona pun sepakat untuk membeli So Good dengan harga di atas nilai pasar wajar hasil penilaian independen. “Harga tersebut mencerminkan price earning ratio (PER) sebesar 17 kali dari laba bersih So Good 2010,” tulis siaran pers manajemen Japfa.
 

Pembayaran transaksi itu akan dilakukan setelah penjanjian jual beli saham efektif pada 31 Mei 2011 atau tanggal lain yang disepakati para pihak terkait. Penjualan saham itu dilatarbelakangi tingginya tingkat pertumbuhan pasar dan keuntungan di bidang perunggasan di Indonesia, sehingga dapat menarik pemain baru dari dalam dan luar negeri. 


Sebagai anak perusahaan, So Good yang bergerak di bidang manufaktur dan distribusi makanan berlabel (branded foods) serta bermerek, hanya memberikan kontribusi pendapatan konsolidasi kepada Japfa sebesar 11% dengan marjin EBITDA sekitar 6,1%. Jumlah tersebut lebih kecil dari divisi perunggasan, yang berkontribusi sebesar 70% dan mencatatkan marjin EBITDA sebesar 12,6%.


Dengan dilaksanakan transaksi tersebut, perseroan yang bergerak di bidang perunggasan, dapat memfokuskan diri pada usahanya yang mencakup pakan ternak dan pembibitan day-old-chicken (DOC).



0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.