rss
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites

Saturday, September 18, 2010

First Pacific Pesan 1,5% Saham Indofood CBP Sukses Makmur

First Pacific Co Ltd, induk usaha keluarga Salim yang tercatat di Bursa Hong Kong, berniat memesan 17.492.865 unit saham PT Indofood CBP (ICBP) Sukses Makmur melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO). ICBP akan melepas 1,16 miliar unit saham ke publik pada harga Rp 5.395 per saham.

Sekretaris Perusahaan First Pacific Nancy LM Li menyatakan,  pihaknya akan membeli saham IPO anak usaha PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) tersebut pada harga HK$ 4.686 atau setara US$ 0,6 per saham.  First Pacific akan membeli 1,5% dari total saham ICBP yang akan dilepas ke publik.

“Total dana yang disiapkan untuk pembelian saham ICBP sekitar US$ 10,5 juta setara HK$ 82 juta atau Rp 94,4 miliar,” ujar Nancy dalam keterangannya seperti dikutip laman First Pacific di Hong Kong, Jumat (17/9). 

Sesuai jadwal, masa penawaran saham IPO produsen mie instan dan bumbu makanan tersebut dijadwalkan pada 1-16 September. Pada 24 September, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) diproyeksikan menerbitkan pernyataan, dan masa penawaran 26-30 September 2010.  Setelah itu, pada 4 Oktober dilakukan penjatahan dan distrubusi saham secara elektronik pada 6 Oktober. Sementara itu,  pencatatan saham (listing) di Bursa Efek  Indonesia (BEI) dilakukan pada 7 Oktober 2010. 

Menurut rencana, ICBP akan melepas 1,16 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per saham atau sekitar 20% dari modal disetor dan ditempatkan. Perseroan menargetkan dapat menghimpun dana hasil IPO sebesar Rp 6,2 triliun. Empat sekuritas ditunjuk sebagai penjamin pelaksana emisi (underwriter) IPO, yaitu PT Kim Eng Securities, PT Credit Suiesse Securities Indonesia, PT Deutsce Securities Indonesia, dan PT mandiri Sekuritas.

Direktur Utama Mandiri Sekuritas Harry M Supoyo mengatakan, respons investor terhadap IPO ICBP sangat positif. "Hasil pembentukan harga (bookbuilding) bagus sekali, karena sektor industri barang konsumsi bagus dan performa Indofood yang excellent," kata Harry kepada Investor Daily, kemarin.

Indofood ICBP telah memberi kepercayaan kepada penjamin pelaksana emisi untuk memilih dua dari enam agen penjual (selling agent) yang telah dipertimbangkan, yaitu Deutche Securities, CLSA  Securities, Merill Lynch, Citigroup, BNP Paribas, dan Nomura Securities.
“Besok (hari ini) beauty contest akan dilakukan di Mandiri Sekuritas. Nanti akan dipilih 3-4 sekuritas,”  ujar sumber Investor Daiy di Jakarta, kemarin.

Hingga semester I-2010, Indofood CBP membukukan pendapatna bersih sebesar Rp 825 miliar, naik 49% dibanding periode sama 2009 sebesar Rp 550 miliar. Pencapaian tersebut menopang kinerja keuangan induk usahanya, yaitu Indofood Sukses Makmur yang membukukan laba semester I-2010  Rp 1,41 triliun naik 76,4% dibanding periode sama tahun lalu sebesar Rp 799,74 miliar.Source: Investor Daily

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan isi komentar soal artikel-artikel blog ini.